BAB II
PEMBAHASAN MATERI
A.
Pengertian Pengelolaan
Pembelajaran SKI di MI
Pengelolaan berasal dari kata
“kelola” dan istilah lainnya yaitu “manajemen” yang artinya menata atau mengatur. Pengelolaan diartikan sebagai suatu rangkaian pekerjaan atau usaha
yang dilakukan untuk melakukan serangkaian kerja dalam mencapai tujuan
tertentu. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik
dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar dengan menggunakan media, metode dan strategi pembelajaran
untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Mata pelajaran SKI adalah salah satu bagian mata pelajaran pendidikan agama
Islam yang diarahkan untuk menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami,
menghayati sejarah kebudayaan Islam yang kemudian menjadi dasar pandangan
hidupnya melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan penggunaan pengalaman
dan pembiasaan.
Pengelolaan
pembelajaran SKI di MI adalah rangkaian kegiatan yang dilakuakan secara
sistematis dalam proses penyampaian iformasi oleh pendidik kepada peserta didik
dalam rangka menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati
sejarah kebudayaan Islam yang kemudian menjadi dasar pandangan hidupnya melalui
kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan penggunaan pengalaman dan pembiasaan
B.
Prinsip-prinsip
Pengelolaan Pembelajaran SKI di MI
Prinsip-prinsip pengelolaan
pembelajaran SKI di MI adalah sebagai berikut:
1.
Berpusat pada peserta didik
Setiap peserta didik pada dasarnya berbeda, dan
telah ada dalam dirinya minat (Interest), kemampuan (Ability), kesenagan
(Preference), pengalaman (Experience), dan cara belajar (Learning Style) yang
beda antara peserta didik yang satu dengan yang lainnya.
2.
Belajar dengan melakukan
Pada hakikatnya dalam kegiatan belajar peserta
didik melakukan aktivitas-aktivitas. Aktivitas peserta didik akan sangat ideal
bila dilakukan dalam kegiatan nyata yang melibatkan dirinya, terutama untuk
mencari dan menemukan, serta mempraktekannya sendiri.
3.
Mengembangkan kemampuan sosilal kognitip dan
emosional
Dalam kegaiatan pembelajaran peserta didik harus
dikondisikan dalam suasana interaksi dengan orang lain seperti antara peserta
didik dengan pendidik.
4.
Mengembangkan keingintahuan
Manusia terlahir memiliki rasa ingin tahu dan
imajinasi yang dimiliki peserta didik merupakan modal dasar untuk bersikap
peka, kritis, mandiri, dan kreatif.
5.
Mengembangkan pemecahan masalah
Dalam kehidupan sehari-hari setiap orang akan
dihadapkan kepada berbagai permasalahan yang harus dipecahkan.
6.
Mengembangkan kreatifitas peserta didik
Peserta didik memiliki potensi yang berbeda, perbedaan
itu terlihat dalam pola pikir daya imajinasi fantasi dan hasil karyanya karena
itu, kegiatan pembelajaran perlu dipilih dan dirancang agar memberikan
kesempatan dan kegiatan kreasi secara berkesinambungan dalam rangka
mengembngakan kreatifitas peserta didik.
7.
Mengembangkan kemampuan menggunakan ilmu pengetahuan
dan teknologi
Ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami perkembangan
dan penyempurnaan. Agar ilmu pengetahuan dan teknologi yang diproduksi manusia
dapat dimanfaatkan oleh manusia pada umumnya serta peserta didik pada
khususnya. Peserta didik perlu mengenal dan mampu menggunakan ilmu pengetahuan
dan teknologi sejak dini serta tidak gagap terhadap perkembangan ilmu dan
teknologi.
8.
Menumbuhkan kesadaran sebagai warga Negara yang baik
Dalam kegiatan pembelajaran peserta didik perlu
diberikan wawasan nilai-nilai sosial kemasyarakatan, patriotisme dan semangat
cinta tanah air yang dapat membekali peserta didik agar menjadi warga Negara
yang bertanggung jawab serta memiliki semangat nasionalisme dan kebangsaan.
9.
Belajar sepanjang hayat
Belajar sepanjang hayat sangat diperlukan karena
dunia pada dasarnya terus mengalami perkembangan dan penyempurnaan terutama
dunia ilmu pengetahuan dan teknologi yang menuntut manusia untuk belajar dan
terus belajar agar dapat mengerti dan memahami serta menguasainya.
C. Tahapan Pengelolaan Pebelajaran SKI di MI
1.
Perencanaan
pembelajaran
Perencanaan pembelajaran disusun oleh guru yang dituangkan dalam
silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Dengan anggapan guru yang paling
mengerti keadaan peserta didik, oleh karena itu guru yang paling berwenang
menjabarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dituangkan dalam
silabus dan rpp.
2.
Pelaksanaan
pembelajaran
Pelaksanaan pembelajaran meliputi
kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan awal meliputi
pengkondisian peserta didik dan apersepsi. Kegiatan inti merupakan kegiatan
utama dalam proses pembelajaran dehigga dalam hal ini pendidik harus mampu
mengelola pembelajaran dengan sebaik-baiknya dan yang terakhir kegiatan penutup
yang meliputi pemberian penegasan, kesimpulan, evaluasi dari hasil
pembelajaran.
3.
Penilaian
pembelajaran
Penilaian pembelajaran dilakukan
sebagai upaya untuk mengetahui apakah peserta didik telah menguasai
pembelajaran, dalam hal ini mata pelajaran SKI yang telah dipelajarinya.
4.
Tindak lanjut
pembelajaran
Tindak lanjut diberikan sebagai upaya untuk
meningkatkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan oleh peserta didik.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
1.
Pengertian pengelolaan
pembelajaran Ski Di Mi
Pengelolaan
pembelajaran SKI di MI adalah rangkaian kegiatan yang dilakuakan secara
sistematis dalam proses penyampaian iformasi oleh pendidik kepada peserta didik
dalam rangka menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati
sejarah kebudayaan Islam yang kemudian menjadi dasar pandangan hidupnya melalui
kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan penggunaan pengalaman dan pembiasaan
2.
Prinsip-prinsip pengelolaan
pembelajaran SKI di MI
a.
Berpusat pada peserta didik
b.
Belajar dengan melakukan
c.
Mengembangkan kemampuan sosilal kognitip dan
emosional
d.
Mengembangkan keingintahuan
e.
Mengembangkan pemecahan masalah
f.
Mengembangkan kreatifitas peserta didik
g.
Mengembangkan kemampuan menggunakan ilmu pengetahuan
dan teknologi
h.
Menumbuhkan kesadaran sebagai warga Negara yang baik
i.
Belajar sepanjang hayat
3. Tahapan pengelolaan pebelajaran SKI di MI
a.
Perencanaan
pembelajaran
b.
Pelaksanaan
pembelajaran
c.
Penilaian
pembelajaran
d.
Tindak lanjut
pembelajaran
DAFTAR PUSTAKA
http://kampuspendidikan.blogspot.com/2013/09/3-tahap-dasar-pembelajaran-efektif-dan_2.html
http://alfallahu.blogspot.com/2013/04/tahapan-tahapan-pembelajaran.html
http://www.batararayamedia.com/tahapan+pembelajaran+ski+di+mi_cari-3.html
http://hidayat-nadia.blogspot.com/2011/06/pengelolaan-pembelajaran.html
No comments :
Post a Comment