Wednesday, 6 January 2016

Strategi Pengelolaan Pembelajaran SKI



BAB II
PEMBAHASAN MATERI

A.    Pengertian Pengelolaan Pembelajaran SKI di MI
Pengelolaan berasal dari kata “kelola” dan istilah lainnya yaitu “manajemen” yang artinya menata atau mengatur. Pengelolaan diartikan sebagai suatu rangkaian pekerjaan atau usaha yang dilakukan untuk melakukan serangkaian kerja dalam mencapai tujuan tertentu. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar dengan menggunakan media, metode dan strategi pembelajaran untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Mata pelajaran SKI adalah salah satu bagian mata pelajaran pendidikan agama Islam yang diarahkan untuk menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati sejarah kebudayaan Islam yang kemudian menjadi dasar pandangan hidupnya melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan penggunaan pengalaman dan pembiasaan.
Pengelolaan pembelajaran SKI di MI adalah rangkaian kegiatan yang dilakuakan secara sistematis dalam proses penyampaian iformasi oleh pendidik kepada peserta didik dalam rangka menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati sejarah kebudayaan Islam yang kemudian menjadi dasar pandangan hidupnya melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan penggunaan pengalaman dan pembiasaan

B.     Prinsip-prinsip Pengelolaan Pembelajaran SKI di MI
            Prinsip-prinsip pengelolaan pembelajaran SKI di MI adalah sebagai berikut:
1.      Berpusat pada peserta didik
Setiap peserta didik pada dasarnya berbeda, dan telah ada dalam dirinya minat (Interest), kemampuan (Ability), kesenagan (Preference), pengalaman (Experience), dan cara belajar (Learning Style) yang beda antara peserta didik yang satu dengan yang lainnya.
2.      Belajar dengan melakukan
Pada hakikatnya dalam kegiatan belajar peserta didik melakukan aktivitas-aktivitas. Aktivitas peserta didik akan sangat ideal bila dilakukan dalam kegiatan nyata yang melibatkan dirinya, terutama untuk mencari dan menemukan, serta mempraktekannya sendiri.
3.      Mengembangkan kemampuan sosilal kognitip dan emosional
Dalam kegaiatan pembelajaran peserta didik harus dikondisikan dalam suasana interaksi dengan orang lain seperti antara peserta didik dengan pendidik.

4.      Mengembangkan keingintahuan
Manusia terlahir memiliki rasa ingin tahu dan imajinasi yang dimiliki peserta didik merupakan modal dasar untuk bersikap peka, kritis, mandiri, dan kreatif.
5.      Mengembangkan pemecahan masalah
Dalam kehidupan sehari-hari setiap orang akan dihadapkan kepada berbagai permasalahan yang harus dipecahkan.
6.      Mengembangkan kreatifitas peserta didik
Peserta didik memiliki potensi yang berbeda, perbedaan itu terlihat dalam pola pikir daya imajinasi fantasi dan hasil karyanya karena itu, kegiatan pembelajaran perlu dipilih dan dirancang agar memberikan kesempatan dan kegiatan kreasi secara berkesinambungan dalam rangka mengembngakan kreatifitas peserta didik.
7.      Mengembangkan kemampuan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi
Ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami perkembangan dan penyempurnaan. Agar ilmu pengetahuan dan teknologi yang diproduksi manusia dapat dimanfaatkan oleh manusia pada umumnya serta peserta didik pada khususnya. Peserta didik perlu mengenal dan mampu menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi sejak dini serta tidak gagap terhadap perkembangan ilmu dan teknologi.
8.      Menumbuhkan kesadaran sebagai warga Negara yang baik
Dalam kegiatan pembelajaran peserta didik perlu diberikan wawasan nilai-nilai sosial kemasyarakatan, patriotisme dan semangat cinta tanah air yang dapat membekali peserta didik agar menjadi warga Negara yang bertanggung jawab serta memiliki semangat nasionalisme dan kebangsaan.
9.      Belajar sepanjang hayat
Belajar sepanjang hayat sangat diperlukan karena dunia pada dasarnya terus mengalami perkembangan dan penyempurnaan terutama dunia ilmu pengetahuan dan teknologi yang menuntut manusia untuk belajar dan terus belajar agar dapat mengerti dan memahami serta menguasainya.

C.    Tahapan Pengelolaan Pebelajaran SKI di MI
1.    Perencanaan pembelajaran
Perencanaan pembelajaran  disusun oleh guru yang dituangkan dalam silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Dengan anggapan guru yang paling mengerti keadaan peserta didik, oleh karena itu guru yang paling berwenang menjabarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dituangkan dalam silabus dan rpp.


2.    Pelaksanaan pembelajaran
Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan awal meliputi pengkondisian peserta didik dan apersepsi. Kegiatan inti merupakan kegiatan utama dalam proses pembelajaran dehigga dalam hal ini pendidik harus mampu mengelola pembelajaran dengan sebaik-baiknya dan yang terakhir kegiatan penutup yang meliputi pemberian penegasan, kesimpulan, evaluasi dari hasil pembelajaran.
3.    Penilaian pembelajaran
Penilaian pembelajaran dilakukan sebagai upaya untuk mengetahui apakah peserta didik telah menguasai pembelajaran, dalam hal ini mata pelajaran SKI yang telah dipelajarinya.
4.    Tindak lanjut pembelajaran
Tindak lanjut diberikan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan oleh peserta didik.

























BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
1.      Pengertian pengelolaan pembelajaran Ski Di Mi
Pengelolaan pembelajaran SKI di MI adalah rangkaian kegiatan yang dilakuakan secara sistematis dalam proses penyampaian iformasi oleh pendidik kepada peserta didik dalam rangka menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati sejarah kebudayaan Islam yang kemudian menjadi dasar pandangan hidupnya melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan penggunaan pengalaman dan pembiasaan

2.      Prinsip-prinsip pengelolaan pembelajaran SKI di MI
a.         Berpusat pada peserta didik
b.         Belajar dengan melakukan
c.         Mengembangkan kemampuan sosilal kognitip dan emosional
d.        Mengembangkan keingintahuan
e.         Mengembangkan pemecahan masalah
f.          Mengembangkan kreatifitas peserta didik
g.         Mengembangkan kemampuan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi
h.         Menumbuhkan kesadaran sebagai warga Negara yang baik
i.           Belajar sepanjang hayat

3.      Tahapan pengelolaan pebelajaran SKI di MI
a.         Perencanaan pembelajaran
b.         Pelaksanaan pembelajaran
c.         Penilaian pembelajaran
d.        Tindak lanjut pembelajaran










DAFTAR PUSTAKA

http://kampuspendidikan.blogspot.com/2013/09/3-tahap-dasar-pembelajaran-efektif-dan_2.html
http://alfallahu.blogspot.com/2013/04/tahapan-tahapan-pembelajaran.html
http://www.batararayamedia.com/tahapan+pembelajaran+ski+di+mi_cari-3.html
http://hidayat-nadia.blogspot.com/2011/06/pengelolaan-pembelajaran.html

No comments :

Post a Comment