RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : Madrasah
Ibtidaiyah
Kelas / semester : I / 1
Tema : Diriku
Sub Tema
: Tubuhku
Alokasi
waktu : 1
Hari
1.1.KOMPETENSI
INTI
1. Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
2.1.KOMPETENSI
DASAR
No.
|
Mata Pelajaran
|
Kompeternsi Dasar
|
Indikator
|
1
|
Matematika
|
3.2.
Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan
mengguna-kan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat
bermain
|
3.2.1. Menghitung banyak benda 1-5
4.2.1. Menuliskan lambang bilangan 1-5
|
2
|
PPKn
|
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah
dan sekolah
|
4.2.1. Menunjukkan sikap tertib selama
pembelajaran
4.2.1 Mempraktekan menyusun puzle
anggota tubuh
|
3
|
SBDP
|
4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan
berlatih memahami isi lagu
|
3.1.1. Menuliskan isi lagu yang
dinyanyikan
4.1.1 Menyanyikan lagu dengan irama
yang tepat
|
4
|
Bahasa Indonesia
|
3.1...
|
3.1.TUJUAN
- Setelah mendengarkan contoh dari guru, peserta didikdapat menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” dengan syair dan irama lagu yang tepat.
- Setelah bertanya jawab, peserta didikdapat menyebutkan nama-nama anggota tubuh dengan tepat.
- Setelah mengamati gambar peserta didikdapat menghitung jumlah anggota tubuh dengan tepat.
- Setelah mengamati gambar peserta didikdapat menuliskan jumlah anggota tubuh dengan tepat.
- Setelah mendengarkan penjelasan guru, peserta didik mampu mempraktekan menyusun puzle anggota tubuh dengan tepat
4.1.
MATERI
Lagu Dua Mata Saya
Dua mata saya hidung saya satu
Dua kaki saya pakai sepatu baru
Dua tangan saya yang kiri dan kanan
Satu mulut saya tidak berhenti makan
MATEMATIKA:
1. Lambang bilangan
2. Bilangan asli sampai 99
PPKn :
- Tata tertib dan aturan di rumah dan sekolah
SBDP :
1. Lagu anak dan tepuk birama
2. Lagu anak dan memahami isi lagu
1.1.PENDEKATAN & METODE
Pendekatan :
Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Permainan
2.1.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Mengajak semua
peserta didikberdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
4. Mengajak Semua
Peserta didikmenyanyi “DUA
MATA SAYA “
5. Dilanjutkan
dengan bertanya jawab tentang syair lagu, “DUA MATA SAYA”
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati:
1.
Peserta didik
menyanyi lagu dua mata saya, mengamati gambar anggota tubuh yang ditayangkan
oleh guru atau dari buku siswa
Menanya:
1.
Peserta didik
secara bergantian mengajukan dan menjawab pertanyaan mengenai gambar yang
telah diamati.
Mengumpulkan informasi:
1.
Peserta didik
secara individu mengamati tubuhnya masing-masing
2. Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok
3. Peserta didik bermain puzzle tentang bagian-bagian
tubuh
Menalar:
1. Peserta didik dibagi menjadi lima kelompok
2. Peserta didik bertanya jawab dengan teman kelompok
untuk menyebutkan anggota-anggota tubuh masing-masing.
Mengkominikasikan:
1. Guru menugaskan kepada masing-masing kelompok
untuk maju menampilkan hasil puzlenya di papan tulis dan menyebutkan namanya.
|
150 menit
|
Penutup
|
1. Bersama-sama peserta
didik membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama
sehari
|
15 menit
|
2. Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi) dan melakukan penilaian hasil belajar
|
||
3. Mengajak semua
peserta didik berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing
(untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
|
||
|
||
3.1.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak
·
Buku Tematik Kelas I
·
Tampilan gambar
anggota tubuh
·
Teks bacaan “ Dua Mata Saya “
·
Puzle
4.1.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
-
Penilaian sikap
-
Penilaian
Kinerja
b.
Penilaian Hasil Belajar
-
Pengetahuan
-
Produk
- Instrumen Penilaian
1)
Lembar
Penilaian Sikap
2)
Lembar
Penilaian Kinerja
3)
Penilaian Produk
4)
Soal
Tes Uraian
Mengetahui Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah,
.................................................... ...............................................
NIP ............................................. NIP ........................................
PENILAIAN
NON TES:
A. Penilaian Sikap
1. Percaya
diri, Disiplin, Kerjasama,
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek
|
Jumlah
|
Nilai
|
|||
Belum Tampak
|
Mulai Tampak
|
Mulai Berkembang
|
Membudaya
|
||||
Keterangan Skor:
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik
Skor maksimal=16
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal
2. Penilaian Kinerja
No.
|
Nama Peserta
Didik
|
A s p e k
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||||
Diagram &
Urutan
|
Diskripsi Tahap 1
|
Diskripsi Tahap 2
|
Diskripsi Tahap 3
|
Diskripsi Thp 4
|
||||
Keterangan Skor :
1 Skor 1 : Dibuat
tidak lengkap
2.Skor 2 : Dibuat
kurang lengkap
3.Skor 3 : Dibuat
dengan bagus
4.Skor 4 : Dibuat dengan bagus sekali
Skor maksimal=20
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal
B. Penilaian Produk
1.
PRODUK PUZZLE
No.
|
Nama Peserta
Didik
|
A s p e k
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|||
Teknik Menggunting
bentuk
|
Teknik Pengeleman
|
Kerapihan
|
Ketepatan Waktu
|
||||
Keterangan Skor:
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik
|
Skor
maksimal=16
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal
No comments :
Post a Comment