Wednesday, 6 January 2016

Contoh RPP Kurikulum 13 SD



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan   :  Madrasah Ibtidaiyah
Kelas / semester        :  I / 1
Tema                         :  Diriku
Sub Tema                  : Tubuhku 
Alokasi waktu           :  1 Hari


1.1.KOMPETENSI INTI

1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

2.1.KOMPETENSI DASAR

No.
Mata Pelajaran
Kompeternsi Dasar
Indikator
1
Matematika
3.2.   Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan mengguna-kan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain

3.2.1. Menghitung banyak benda 1-5
4.2.1. Menuliskan lambang bilangan 1-5
2
PPKn
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah
       dan sekolah

4.2.1. Menunjukkan sikap tertib selama
         pembelajaran
4.2.1 Mempraktekan menyusun puzle
         anggota tubuh
3
SBDP
4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan      
       berlatih memahami isi lagu

3.1.1. Menuliskan isi lagu yang
          dinyanyikan
4.1.1 Menyanyikan lagu dengan irama
          yang tepat

4
Bahasa Indonesia
3.1...


3.1.TUJUAN

  1. Setelah mendengarkan contoh dari guru, peserta didikdapat menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” dengan syair dan irama lagu yang tepat.
  2. Setelah bertanya jawab, peserta didikdapat menyebutkan nama-nama anggota tubuh dengan tepat.
  3. Setelah mengamati gambar peserta didikdapat menghitung jumlah anggota tubuh dengan tepat.
  4. Setelah mengamati gambar peserta didikdapat menuliskan jumlah anggota tubuh dengan tepat.
  5. Setelah mendengarkan penjelasan guru, peserta didik mampu mempraktekan menyusun puzle anggota tubuh dengan tepat



4.1. MATERI
Lagu Dua Mata Saya
Dua mata saya hidung saya satu
Dua kaki saya pakai sepatu baru
Dua tangan saya yang kiri dan kanan
Satu mulut saya tidak berhenti makan
MATEMATIKA:

1.      Lambang bilangan

2.      Bilangan asli sampai 99



PPKn  :
  1. Tata tertib dan aturan di rumah dan sekolah

SBDP :

1.      Lagu anak dan tepuk birama

2.      Lagu anak dan memahami isi lagu



1.1.PENDEKATAN  & METODE
Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Permainan

2.1.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.      Mengajak semua peserta didikberdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
4.      Mengajak Semua Peserta didikmenyanyi  DUA MATA SAYA
5.      Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, “DUA MATA SAYA”
10 menit
Inti
Mengamati:
1.   Peserta didik menyanyi lagu dua mata saya, mengamati gambar anggota tubuh yang ditayangkan oleh guru atau dari buku siswa
Menanya:
1.      Peserta didik secara bergantian mengajukan dan menjawab pertanyaan mengenai gambar yang telah diamati.
Mengumpulkan informasi:
1.   Peserta didik secara individu mengamati tubuhnya masing-masing
2.   Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok
3.   Peserta didik bermain puzzle tentang bagian-bagian tubuh
Menalar:
1.   Peserta didik dibagi menjadi lima kelompok
2.   Peserta didik bertanya jawab dengan teman kelompok untuk menyebutkan anggota-anggota tubuh masing-masing.
Mengkominikasikan:
1.      Guru menugaskan kepada masing-masing kelompok untuk maju menampilkan hasil puzlenya di papan tulis dan menyebutkan namanya.

150 menit
Penutup
1.      Bersama-sama peserta didik membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
15 menit
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) dan melakukan penilaian hasil belajar

3.      Mengajak semua peserta didik berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)


  • Mengamati sikap peserta didik dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
  • Apabila ada peserta didik yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan




3.1.            SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak
·         Buku Tematik Kelas I
·         Tampilan gambar anggota tubuh
·         Teks bacaan “ Dua Mata Saya
·         Puzle

4.1.            PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
-          Penilaian sikap
-          Penilaian Kinerja

b.      Penilaian Hasil Belajar
-          Pengetahuan
-          Produk

  1. Instrumen Penilaian
1)   Lembar Penilaian Sikap  
2)   Lembar Penilaian Kinerja
3)   Penilaian Produk
4)   Soal Tes Uraian


Mengetahui                                                                            Guru Kelas 1
Kepala Sekolah,                                                                   




....................................................                                            ...............................................                        
NIP .............................................                                           NIP  ........................................



PENILAIAN NON TES:

A.     Penilaian Sikap
1.      Percaya diri, Disiplin, Kerjasama,

No.
Nama Peserta Didik
Aspek
Jumlah
Nilai
Belum Tampak
Mulai Tampak
Mulai Berkembang
Membudaya









































Keterangan Skor:
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik

Skor maksimal=16

                     Skor perolehan
Nilai     =                                      X  100
                     Skor Maksimal
 


2.      Penilaian Kinerja

No.
Nama Peserta Didik
A s p e k
Jumlah
Skor
Nilai
Diagram & Urutan
Diskripsi Tahap 1
Diskripsi Tahap 2
Diskripsi Tahap 3
Diskripsi Thp 4























































Keterangan Skor :
                                               
1 Skor  1 : Dibuat tidak lengkap
2.Skor 2 : Dibuat  kurang lengkap
3.Skor 3 : Dibuat  dengan bagus
4.Skor 4 : Dibuat dengan bagus sekali
Skor maksimal=20

                              Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
                              Skor Maksimal
                             

B.     Penilaian Produk
1. PRODUK  PUZZLE

No.
Nama Peserta Didik
A s p e k
Jumlah
Skor
Nilai
Teknik Menggunting bentuk
Teknik Pengeleman
Kerapihan
Ketepatan Waktu









































Keterangan Skor:

1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik




Skor maksimal=16

                              Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
                              Skor Maksimal


No comments :

Post a Comment